0 %

Wed, 1 Nov 2023
Awas! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Batuk Berdahak

Batuk berdahak bisa sangat mengganggu, tetapi tahukah kamu bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari dapat memicunya? Berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu diwaspadai:

 

Kurang Tidur

Kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga kamu lebih rentan terkena infeksi bakteri dan virus penyebab batuk berdahak². Tidur yang cukup membantu mengoptimalkan regenerasi sel-sel tubuh termasuk sistem kekebalan tubuh. Jadi, pastikan kamu tidur yang cukup dan berkualitas¹

 

Makanan Berminyak

Siapa yang tidak suka makanan digoreng? Tapi harus kamu tahu, makanan yang digoreng atau berminyak dapat memicu terjadinya batuk³. Cobalah konsumsi makanan yang dimasak dengan cara yang lebih sehat, seperti mengukus atau merebus. 

 

Buah Tinggi Histamin

Beberapa buah seperti alpukat, stroberi, dan nanas memang baik untuk kesehatan namun memiliki kandungan histamin yang tinggi. Histamin ini bisa memicu reaksi alergi yang salah satu gejalanya adalah batuk berdahak. Jadi, hindari konsumsi buah-buah ini secara berlebihan. 

 

Beberapa kebiasaan tadi patut kamu waspadai agar tidak memicu batuk berdahak. Namun jika sudah terlanjur terkena batuk berdahak, cukup penting untuk Sobat Combi melakukan hal-hal di bawah ini:

Pentingnya Menggunakan Masker

Jangan anggap sepele, jika Sobat Combi sedang batuk, alangkah baiknya untuk menggunakan masker. Penggunaan masker saat batuk dapat mencegah penyebaran droplet yang mengandung virus dan bakteri .

 

Melakukan Olahraga Ringan

 

Harus Sobat Combi ketahui, berolahraga tidak hanya membuat kamu tetap bugar, tetapi juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang bisa menjadi pilihan yang baik.

 

Konsumsi Obat Batuk Berdahak Herbal!

Bantu redakan dengan obat batuk berdahak yang mengandung bahan alami seperti madu, daun ivy, dan succus liquiritiae. Kombinasi bahan-bahan ini bisa membantu meredakan batuk berdahak dan melegakan tenggorokan.

 

Referensi:

  1. “Pentingnya tidur cukup untuk kesehatan tubuh”. Link

  2. "The Best Natural Cough Remedies". Link

  3. “Ini Alasan Gorengan Bikin Batuk”. Link

  4. "What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat". Link

  5. "Effectiveness of Mask Wearing to Control Community Spread". Link

  6. "The role of community-wide wearing of face mask for control". Link

  7. "Safety & Efficacy of Masks & Face Coverings During Exercise". Link

  8. "Exercised Over Nothing: Masks Don't Impair Lung Function During Physical Activity". Link

  9. "7 Home Remedies to Stop a Bad Cough". Link